RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                   Satuan Pendidikan   : SD Negeri Tandang 01
Kelas / Semester       : 3 / 2
Tema / Subtema        : Energi dan Perubahannya / Perubahan Energi
Petemuan ke             : 1
Semester                   : 2  (dua)
Alokasi Waktu          : 2 x 35 menit
A.   KOMPETENSI INTI
       1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
       2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, tetangga dan guru.
       3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.\
       4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.  KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
            3.2 Mengidentifikasi perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Matematika
            4.2  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat
matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan
bulat, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari
C.  INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.2.1     Mengidentifikasi isi teks berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
3.2.2     Menjelaskan secara lisan berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2.3     Menyebutkan contoh-contoh energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
3.2.4     Menjelaskan manfaat energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
4.2.1     Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan bulat
4.2.2     Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pengurangan bilangan bulat
4.2.3     Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan perkalian bilangan bulat
4.2.4     Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pembagian bilangan bulat
D.  TUJUAN
Bahasa Indonesia
            1.      Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
            2.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan secara lisan berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
            3.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
            4.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
           1.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan bulat
           2.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pengurangan bilangan bulat
           3.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan perkalian bilangan bulat
           4.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pembagian bilangan bulat
E.  MATERI
Bahasa Indonesia
            1.      Teks berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
            2.      Gambar bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
            3.      Gambar contoh-contoh energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
            4.      Gambar dari manfaat energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
Matematika 
            1.      Contoh operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
F.  PENDEKATAN & METODE
Pendekatan  : Scientific
Strategi         : Cooperative Learning
Teknik          : Example Non Example
Metode         : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah



G.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
·            Guru memberi salam
·            Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·            Guru mengabsen siswa
·            Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
·            Guru mengajak siswa bernyanyi bersama, lagu yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
Motivasi
·            Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
Pemberian acuan
·            Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .

10 menit
Inti
·             Guru meminta siswa membaca bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
·             Siswa menjelaskan secara lisan apa yang dibaca dengan menggunakan bahsanya sendiri
·             Guru membagi menjadi beberapa kelompok
·             Melakukan percobaan cahaya matahari adalah sumber energi
·             Siswa mengamati gambar contoh-contoh energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
·             Membuat kincir angin dari kertas dan memodifikasinya menjadi mesin sederhana
·             Siswa mengamati gambar manfaat energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
·             Mendiskusikan gambar mesin yang memanfaatkan energi gerak, misalnya mesin penggiling padi yang memanfaatkan energi gerak kincir air.
·             Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan bulat
·             Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pengurangan bilangan bulat
·             Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan perkalian bilangan bulat
·             Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pembagian bilangan bulat
150 menit


Penilaian proses:
·             Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
·             Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
·             Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.

Penutup
·             Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
·             Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·             Melakukan penilaian hasil belajar
·             Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·             Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·             Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.  ALAT DAN SUMBER
Alat                       :
Papan tulis, Spidol, Penghapus, Laptop, LCD, Kertas Gambar
Sumber      :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Tema 7 Energi dan Perubahannya Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Tema 7 Energi dan Perubahannya Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

           
I.  PENILAIAN
1.            Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Bertanggung Jawab
Peduli
Percaya Diri
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1













2













3













4













5














1.      Pengetahuan
a.       Membuat kesimpulan dari percobaan
b.      Menyebutkan bentuk-bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
c.       Menjelaskan kegunaan energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari


d.       
2.      Keterampilan
      * Pengamatan melakukan percobaan untuk mengetahui cahaya matahari adalah sumber energi
Penilaian: rubric
No
Kriteria
Terlihat (v)
Belum Terlihat (v)
1
Melakukan percobaan dengan hati-hati dan jujur.


2
Melakukan percobaan sesuai aturan dan petunjuk dari guru


3
Saling bekerja sama dan menunjukkan kekompakan dalam melakukan percobaan



a.       Menyatakan pendapat siswa tentang sikap toleransi
Penilaian : rubric
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema sikap toleransi
Seluruh teks yang ditulis sesuai dengan tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai dengan tema
Kurang dari setengah teks yang sesuai dengan tema
Seluruh isi teks belum sesuai dengan tema
2
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata belum tepat dalam penulisannya
3
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar diawal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik(.) di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.)
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.)
Tidak satupun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik (.)

 Membuat kincir angin dari kertas dan memodifikasinya menjadi mesin sederhana
Penilaian : Rubrik
No
Kriteria
Terlihat (v)
Belum Terlihat (v)
1
Siswa mampu mengikuti petunjuk


2
Siswa mampu melipat kertas dengan baik


3
Siswa mampu memodifikasi menjadi mesin sederhana


4
Siswa mampu menggunakan hasil karyanya



Nilai =  Jumlah skor yang diperoleh  100
Jumlah skor maksimal 

                                                                                                    Semarang, 26 Juni 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Kelas 3



( ___________________ )                                                      ( ___________________ )
NIP .................................                                                       NIP ..................................                                                     





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KULIAH