RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Tandang 01
Kelas
/ Semester : 3 / 2
Tema
/ Subtema : Energi dan Perubahannya
/ Perubahan Energi
Petemuan
ke :
1
Semester
: 2 (dua)
Alokasi
Waktu :
2 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga,teman, tetangga dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.\
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
Bahasa Indonesia
3.2
Mengidentifikasi perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam
semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Matematika
4.2
Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri , menyatakan kalimat
matematika
dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang
berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan
bulat,
waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.2.1 Mengidentifikasi
isi teks berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan
sehari-hari
3.2.2 Menjelaskan
secara lisan berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan kegunaannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2.3 Menyebutkan
contoh-contoh energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
3.2.4 Menjelaskan
manfaat energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
4.2.1 Menentukan
hasil operasi hitung yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan bulat
4.2.2 Menentukan
hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pengurangan bilangan bulat
4.2.3 Menentukan
hasil operasi hitung yang berkaitan dengan perkalian bilangan bulat
4.2.4 Menentukan
hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pembagian bilangan bulat
D. TUJUAN
Bahasa Indonesia
1. Dengan
membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk energi (panas,
listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
2. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan secara lisan berbagai bentuk energi
(panas, listrik, gerak) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi (panas, listrik,
gerak) dalam kehidupan sehari-hari
4. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat energi (panas, listrik,
gerak) dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
1.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan
bulat
2.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pengurangan bilangan bulat
3.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung yang berkaitan dengan perkalian bilangan bulat
4.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung yang berkaitan dengan pembagian bilangan bulat
E. MATERI
Bahasa
Indonesia
1. Teks
berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
2. Gambar
bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
3. Gambar
contoh-contoh energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
4. Gambar
dari manfaat energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
1. Contoh
operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan
bulat
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
Orientasi
·
Guru memberi salam
·
Guru mengajak semua siswa berdo’a
menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
·
Guru mengabsen siswa
·
Meminta informasi dari siswa
mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya
tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
·
Guru mengajak siswa bernyanyi
bersama, lagu yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
Motivasi
·
Dilanjutkan dengan bertanya jawab
tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau
pagi
Pemberian acuan
·
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan
.
|
10 menit
|
|
Inti
|
·
Guru meminta siswa membaca bentuk
energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa menjelaskan secara lisan
apa yang dibaca dengan menggunakan bahsanya sendiri
·
Guru membagi menjadi beberapa
kelompok
·
Melakukan percobaan cahaya
matahari adalah sumber energi
·
Siswa mengamati gambar contoh-contoh
energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
·
Membuat kincir angin dari kertas
dan memodifikasinya menjadi mesin sederhana
·
Siswa mengamati gambar manfaat
energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan gambar mesin yang
memanfaatkan energi gerak, misalnya mesin penggiling padi yang memanfaatkan
energi gerak kincir air.
·
Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan
dengan penjumlahan bilangan bulat
·
Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan
dengan pengurangan bilangan bulat
·
Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan
dengan perkalian bilangan bulat
·
Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan
dengan pembagian bilangan bulat
|
150 menit
|
|
|
Penilaian proses:
·
Guru berkeliling mengamati
kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
·
Menilai kerjasamanya, tanggung
jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
·
Menilai dengan lembar pengamatan
perilaku.
|
|
|
Penutup
|
·
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
·
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·
Melakukan penilaian hasil belajar
·
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
·
Mengamati sikap siswa dalam
berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang
benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan
berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
H.
ALAT DAN SUMBER
Alat :
Papan tulis, Spidol,
Penghapus, Laptop, LCD, Kertas Gambar
Sumber :
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Tema 7 Energi dan Perubahannya Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku
Guru SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Tema 7 Energi dan Perubahannya Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku
Guru SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
I. PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
|
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
|
Bertanggung
Jawab
|
Peduli
|
Percaya
Diri
|
|||||||||||
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Pengetahuan
a. Membuat
kesimpulan dari percobaan
b. Menyebutkan
bentuk-bentuk energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
c. Menjelaskan
kegunaan energi (panas, listrik, gerak) dalam kehidupan sehari-hari
d.
2. Keterampilan
* Pengamatan melakukan percobaan untuk
mengetahui cahaya matahari adalah sumber energi
Penilaian: rubric
|
No
|
Kriteria
|
Terlihat (v)
|
Belum Terlihat (v)
|
|
1
|
Melakukan percobaan
dengan hati-hati dan jujur.
|
|
|
|
2
|
Melakukan percobaan
sesuai aturan dan petunjuk dari guru
|
|
|
|
3
|
Saling bekerja sama
dan menunjukkan kekompakan dalam melakukan percobaan
|
|
|
a. Menyatakan
pendapat siswa tentang sikap toleransi
Penilaian : rubric
|
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
1
|
Kesesuaian isi teks
yang ditulis dengan tema sikap toleransi
|
Seluruh teks yang
ditulis sesuai dengan tema
|
Setengah atau lebih
isi teks sesuai dengan tema
|
Kurang dari setengah
teks yang sesuai dengan tema
|
Seluruh isi teks
belum sesuai dengan tema
|
|
2
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah
tepat
|
Terdapat 1-2 kata
yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2
kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata belum
tepat dalam penulisannya
|
|
3
|
Penggunaan huruf
besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf
besar diawal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik(.) di
akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.)
|
Terdapat lebih dari 2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.)
|
Tidak satupun kalimat
yang menggunakan huruf besar dan tanda titik (.)
|
* Membuat kincir angin dari kertas dan
memodifikasinya menjadi mesin sederhana
Penilaian : Rubrik
|
No
|
Kriteria
|
Terlihat (v)
|
Belum Terlihat (v)
|
|
1
|
Siswa mampu mengikuti
petunjuk
|
|
|
|
2
|
Siswa mampu melipat
kertas dengan baik
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu memodifikasi
menjadi mesin sederhana
|
|
|
|
4
|
Siswa mampu
menggunakan hasil karyanya
|
|
|
Jumlah skor maksimal
Semarang,
26 Juni 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Kelas 3
( ___________________ ) (
___________________ )
NIP ................................. NIP
..................................
Komentar
Posting Komentar