TUGAS KULIAH

A.    Latar Belakang
Pendidikan ialah serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan, antara manusia dewasa dengan si anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya (Prof. Zaharai Idris).
Dalam pendidikan pasti terdapat proses belajar mengajar, belajar mengajar merupakan hubungan timbal balik yang dilakukan pengajar dengan pelajar, dimana pengajar berperan sebagai pentransfer ilmu dan pelajar yang menerima ilmu tersebut. Agar pelajar tersebut dapat menerima ilmu dengan baik perlu adanya media sebagai penunjang.
      Pembelajaran di sekolah dasar tidaklah lepas dari media pembelajaraan, Media pembelajaran sangatlah penting apabila upaya yang dilakukan guru dalam proses mengajar kurang dipahami oleh peserta didik. Berbagai macam media yang ada dibuat sesuai dengan apa yang dibutuhkan peserta didik, seperti halnya media audio maupun visual atau audio visual. Media visual dapat berupa gambar dan alat peraga, media audio dapat berupa rekaman ataupun lagu, dan media audio visual yaitu berupa video ataupun animasi bersuara.
      Salah satu media yang dapat membantu dalam proses mengajar adalah media audio visual dimana tidak hanya berupa video tetapi dapat berupa aplikasi interaktif yang mengeluarkan gambar dan suara, salah satunya dengan menggunakan Prezi.
      Prezi adalah software online yang paing populer saat ini, karakteristik efek dari pan-and-zoom banyak digunakan dalam presentasi. Prezi memiliki banyak koleksi tamplate, dan mudah digunakan untuk semua.  Prezi juga berkolaborasi dengan orang lain dalam presentasi real time. Prezi bebas untuk digunakan, tetapi semua presentasi anda bersifat publik. Prezi adalah alat presentasi berbasis Cloud  untuk menyampaikan gagasan. Prezi menampilkan fitur untuk memperbesar dan memperkecil melalui cerita anda. Dengan memanfaatkan konsep zoom dan trantitions ruang baru pada slide, mereka memberi efek bahwa presentasi belum beralih ke slide baru. Prezi memberi seseorang untuk dapat menciptakan gaya dan efek yang lebih baik dalam presentasi mereka. Prezi menggunakan konsep Pathway Point slide untuk memberi daya tarik visual dari presentasi mereka. Prezi juga memiliki versi dekstop untuk OS yang berbeda dan kita dapat menyimpan presentasi yang didukung di komputer kita. Prezi dapat digunakan untuk membuat program, program yang akan dibuat dengan menggunakan Macromedia Flash ini berupa animasi gambar yang interaktif disertai dengan materi-materi yang akan diajarkan dan beberapa kuis atau game edukasi sebagai bahan latihan, evaluasi maupun pengayaan.
      Media pembelajaran juga tidak terlepas dari bagaimana guru mengemas pembelajaran menjadi lebih interaktif untuk siswa, salah satunya dengan menambahkan metode yang bersifat interaktif untuk siswa. Picture and Picture yang merupakan tipe dari pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif atau biasa disebut cooperative learning adalah pembelajaran yang mengutamakan kerja kelompok dalam prosesnya dipimpin atau diarahkan oleh guru. Langkah-langkah dalam metode Picture and Picture yaitu guru memberikan materi sebagai pengantar kemudian guru memberikan beberapa gambar yang nantinya akan di urutkan oleh siswa, kemudian guru menanyakan alasan siswa mengurutkan gambar dengan urutan yang sedemikian rupa, setelah itu guru menanamkan konsep dari materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai, dan yang terakhir siswa membuat kesimpulan atau rangkuman.
            Berdasarkan observasi serta wawancara yang saya lakukan di SDN Pandean Lamper 04 Semarang dengan Ibu Upik Yuni Artanti S.Pd, saya menemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV semester 1 tema 2 selalu berhemat energi dengan subtema 2 manfaat energi yaitu kurangnya media interaktif yang mendukung pembelajaran, media yang di gunakan hanya dapat dilihat oleh siswa, siswa tidak terlibat dalam penggunaan media tersebut. Guru menggunakan media riil dalam pembelajaran dalam kompetensi dasar 4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Benda riil yang digunakan dalam pembelajaran yaitu benda-benda elektronik yang sering di jumpai seperti setrika, handphone dan laptop. Guru menerangkan petunjuk bagaimana cara menggunakan benda elektronik dengan aman, siswa diminta untuk memperhatikan, setelah guru menerangkan, siswa diminta menuliskan petunjuk penggunaan benda elektronik dengan aman menggunakan bahasanya sendiri. Masalah yang timbul yaitu siswa kesulitan untuk menuliskan kembali yang telah di terangkan oleh guru dengan bahasanya sendiri dikarenakan siswa hanya mendengarkan dan tidak mempraktikan secara langsung media yang digunakan.
Dalam jurnal Mohammad Yusuf Rodhi , Wasis tahun 2014. Bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran berbasis prezi pada materi kalor yang memenuhi criteria kelayakan baik dari segi materi maupun segi format tampilan media, dengan kategori sangat layak. Pembelajaran dengan menggunakan media prezi pada materi kalor di kelas VII B SMPN 1 Babat dapat terlaksana dengan sangat baikdengan peningkatan keterampilan berpikir kritis sedang, yaitu sebesar 0,32.
Dalam jurnal Ahmad tahun 2014. Bahwa penelitian yang telah dilakukan  dapat disimpulkan bahwa:
a.       Model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri Dewantara pada materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia.
b.      Penerapan model pembelajaran Picture and Picture juga mengalami peningkatan aktivitas guru dan siswa pada siklus I aktivitas guru termasuk dalam kategori baik dan aktivitas siswa termasuk dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas guru termasuk dalam kategori baik dan aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik pula.
c.       Tanggapan siswa terhadap mata pelajaran IPS khususnya pada materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture aktivitas guru termasuk dalam kategori baik dan aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik pula.
Dari beberapa jurnal diatas saya mengemas sebuah media prezi berbantu metode Picture and Picture dalam pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi subtema 2 manfaat energi.

      Oleh karena itu dengan mengembangkan prezi sebagai media pembelajaran yang interaktif untuk sekolah dasar maka sangat penting dilakukan penelitian “Pengembangan Media Pembelajaran Prezi berbantu metode Picture and Picture pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi untuk Kelas IV Sekolah Dasar” agar dapat melihat perkembangan pembelajaran dengan menggunakan media tersebut baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotoriknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini