TUGAS KULIAH
A.
Latar
Belakang
Pendidikan ialah
serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan, antara manusia dewasa dengan si
anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka
memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya (Prof. Zaharai Idris).
Dalam pendidikan pasti
terdapat proses belajar mengajar, belajar mengajar merupakan hubungan timbal
balik yang dilakukan pengajar dengan pelajar, dimana pengajar berperan sebagai
pentransfer ilmu dan pelajar yang menerima ilmu tersebut. Agar pelajar tersebut
dapat menerima ilmu dengan baik perlu adanya media sebagai penunjang.
Pembelajaran di sekolah
dasar tidaklah lepas dari media pembelajaraan, Media pembelajaran sangatlah
penting apabila upaya yang dilakukan guru dalam proses mengajar kurang dipahami
oleh peserta didik. Berbagai macam media yang ada dibuat sesuai dengan apa yang
dibutuhkan peserta didik, seperti halnya media audio maupun visual atau audio
visual. Media visual dapat berupa gambar dan alat peraga, media audio dapat
berupa rekaman ataupun lagu, dan media audio visual yaitu berupa video ataupun
animasi bersuara.
Salah
satu media yang dapat membantu dalam proses mengajar adalah media audio visual
dimana tidak hanya berupa video tetapi dapat berupa aplikasi interaktif yang
mengeluarkan gambar dan suara, salah satunya dengan menggunakan Prezi.
Prezi
adalah software online yang paing
populer saat ini, karakteristik efek dari pan-and-zoom
banyak digunakan dalam presentasi. Prezi memiliki banyak koleksi tamplate,
dan mudah digunakan untuk semua. Prezi
juga berkolaborasi dengan orang lain dalam presentasi real time. Prezi bebas untuk digunakan, tetapi semua presentasi
anda bersifat publik. Prezi adalah alat
presentasi berbasis Cloud untuk menyampaikan
gagasan. Prezi menampilkan fitur untuk memperbesar
dan memperkecil melalui cerita anda. Dengan memanfaatkan konsep zoom dan
trantitions ruang baru pada slide, mereka memberi efek bahwa presentasi belum
beralih ke slide baru. Prezi memberi seseorang untuk dapat menciptakan gaya
dan efek yang lebih baik dalam presentasi mereka. Prezi menggunakan konsep Pathway Point slide untuk memberi daya
tarik visual dari presentasi mereka. Prezi juga memiliki versi dekstop untuk OS
yang berbeda dan kita dapat menyimpan presentasi yang didukung di komputer kita.
Prezi
dapat digunakan untuk membuat program, program yang akan dibuat dengan
menggunakan Macromedia Flash ini
berupa animasi gambar yang interaktif disertai dengan materi-materi yang akan
diajarkan dan beberapa kuis atau game edukasi sebagai bahan latihan, evaluasi
maupun pengayaan.
Media
pembelajaran juga tidak terlepas dari bagaimana guru mengemas pembelajaran
menjadi lebih interaktif untuk siswa, salah satunya dengan menambahkan metode
yang bersifat interaktif untuk siswa. Picture
and Picture yang merupakan tipe dari pembelajaran kooperatif, pembelajaran
kooperatif atau biasa disebut cooperative
learning adalah pembelajaran yang mengutamakan kerja kelompok dalam
prosesnya dipimpin atau diarahkan oleh guru. Langkah-langkah dalam metode Picture and Picture yaitu guru
memberikan materi sebagai pengantar kemudian guru memberikan beberapa gambar
yang nantinya akan di urutkan oleh siswa, kemudian guru menanyakan alasan siswa
mengurutkan gambar dengan urutan yang sedemikian rupa, setelah itu guru
menanamkan konsep dari materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai, dan yang
terakhir siswa membuat kesimpulan atau rangkuman.
Berdasarkan observasi serta
wawancara yang saya lakukan di SDN Pandean Lamper 04 Semarang dengan Ibu Upik
Yuni Artanti S.Pd, saya menemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV
semester 1 tema 2 selalu berhemat energi dengan subtema 2 manfaat energi yaitu
kurangnya media interaktif yang mendukung pembelajaran, media yang di gunakan
hanya dapat dilihat oleh siswa, siswa tidak terlibat dalam penggunaan media
tersebut. Guru menggunakan media riil dalam pembelajaran dalam kompetensi dasar
4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam
bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Benda riil yang digunakan dalam pembelajaran yaitu benda-benda elektronik yang
sering di jumpai seperti setrika, handphone dan laptop. Guru menerangkan
petunjuk bagaimana cara menggunakan benda elektronik dengan aman, siswa diminta
untuk memperhatikan, setelah guru menerangkan, siswa diminta menuliskan
petunjuk penggunaan benda elektronik dengan aman menggunakan bahasanya sendiri.
Masalah yang timbul yaitu siswa kesulitan untuk menuliskan kembali yang telah
di terangkan oleh guru dengan bahasanya sendiri dikarenakan siswa hanya
mendengarkan dan tidak mempraktikan secara langsung media yang digunakan.
Dalam jurnal Mohammad Yusuf Rodhi , Wasis
tahun 2014. Bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa telah
dihasilkan media pembelajaran berbasis prezi pada materi kalor yang memenuhi
criteria kelayakan baik dari segi materi maupun segi format tampilan media,
dengan kategori sangat layak. Pembelajaran dengan menggunakan media prezi pada
materi kalor di kelas VII B SMPN 1 Babat dapat terlaksana dengan sangat
baikdengan peningkatan keterampilan berpikir kritis sedang, yaitu sebesar 0,32.
Dalam jurnal Ahmad tahun 2014. Bahwa penelitian
yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa:
a.
Model
pembelajaran Picture
and Picture dapat meningkatkan pemahaman konsep
siswa kelas V SD Negeri Dewantara pada materi kenampakan alam dan buatan di
Indonesia.
b.
Penerapan model pembelajaran Picture and Picture juga mengalami
peningkatan aktivitas guru dan siswa pada siklus I aktivitas guru termasuk
dalam kategori baik dan aktivitas siswa termasuk dalam kategori cukup,
sedangkan pada siklus II aktivitas guru termasuk dalam kategori baik dan aktivitas
siswa termasuk dalam kategori baik pula.
c.
Tanggapan siswa terhadap mata pelajaran
IPS khususnya pada materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran Picture
and Picture aktivitas guru termasuk dalam kategori baik dan aktivitas siswa
termasuk dalam kategori baik pula.
Dari beberapa jurnal diatas saya mengemas
sebuah media prezi berbantu metode Picture
and Picture dalam pembelajaran tema 2 selalu
berhemat energi subtema 2 manfaat energi.
Oleh
karena itu dengan mengembangkan prezi sebagai media pembelajaran yang
interaktif untuk sekolah dasar maka sangat penting dilakukan penelitian
“Pengembangan Media Pembelajaran Prezi berbantu metode Picture and Picture pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi
untuk Kelas IV Sekolah Dasar” agar dapat melihat perkembangan pembelajaran dengan
menggunakan media tersebut baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotoriknya.
Komentar
Posting Komentar